Membuat Windows Xp Lebih Cepat 60%

Home » » Membuat Windows Xp Lebih Cepat 60%
Dalam membuat windows xp dapat bekerja lebih cepat, yaitu dengan menghentikan service yang tidak terpakai pada saat proses startup. Sebenarnya banyak service yang penting bagi windows xp untuk mengoperasikannya dengan tepat. Akan tetapi, banyak dari service windows xp yang tidak anda gunakan sama sekali. Untuk itu anda dapat memilih service apa saja yang dipakai dan yang tidak dipakai. Lebih sedikit service yang digunakan maka windows akan lebih cepat melakukan proses booting.


Berikut ini adalah nama-nama service juga deskripsinya agar anda dapat memilih service mana yang diperlukan dan service mana yang tidak diperlukan oleh anda :

* Automatic Update: Service ini memperbolehkan Windows XP untuk melakukan pengecekan update secara otomatis melalui website resmi microsoft. Jika anda tidak menginginkan service Automatic Update maka anda dapat mematikannya. Jika anda ingin melakukan update maka dapat dilakukan secara manual.
* Computer Browser: Jika komputer anda tidak terkoneksi dalam sebuah jaringan, maka service ini tidak dibutuhkan. Jika anda terhubung dalam sebuah jaringan/network, biarkan service ini seperti apa adanya.
* DHCP Client: Jika komputer anda tidak terkoneksi dalam sebuah jaringan, maka service ini tidak dibutuhkan. Jika anda terhubung dalam sebuah jaringan kecil, brio dapat meningkatkan proses booting dengan memasukan manual no IP Addres.
* DNS Client: Jika komputer anda tidak terkoneksi dalam sebuah jaringan, maka service ini tidak dibutuhkan. Jika anda terhubung dalam sebuah jaringan/network, biarkan service ini seperti apa adanya.
* Error Reporting and Event Log: anda boleh tidak menggunakan service ini, tetapi service ini sangat membantu. Jadi saya akan mengaturnya secara otomatis (automatic).
* Fax: Jika komputer anda tidak menggunakan service fax, maka service ini dapat dimatikan.
* Help and Suppoer: Jika anda tidak pernah menggunakan Help and Support Center Windows Xp (dapat ditemukan di menu Start), maka anda dapat mematikannya.
* IMAPI CD-Burning COM: Service ini memperbolehkan anda untuk membakar data kedalam CD (Burning CD), jadi jika anda tidak menggunakan ROM CDRW, DVDRW, atau DVD Combo, maka anda dapat mennonaktifkannya.
* Indexing Service: Komputer anda menyimpan index file tetapi jika anda jarang mencari-cari file, service ini hanya akan memberatkan. anda dapat menonaktifkan service ini dan merubahnya menjadi manual.
* Windows Firewall/Internet Connection Sharing: Jika anda tidak menggunakan fasilitas ini maka brio dapat menonaktifkannya.
* Infrared Monitor: Jika brio tidak menggunakan perangkat inframerah, brio dapat menonaktifkannya.
* Messenger: Service ini mengirim pesan peringatan ke dalam jaringan lokal (local area network) service ini tidak sama dengan Windows Messeger. Jika anda tidak tehubung dalam sebuah jaringan maka anda dapat menonaktifkannya.
* Print Spooiler: Jika komputer anda tidak memiliki printer, maka service ini dapat dinonaktifkan. Jika anda punya printer dan memasangnya di komputer, maka setting nilainya menjadi aitomatic.
* Remote Registry: Service ini memperbolehkan anda untuk meremote pengguna untuk memodifikasi registry di komputer anda. Jika anda tidak terhubung kedalam sebuah jaringan atau network, brio dapat menonaktifkannya.
* System Restore Service: Service ini memperbolehkan anda untuk menggunakan System Restore. Jika System Restore masih belum di nonaktifkan maka lebih baik brio menon aktifkannya.
* Themes: Jika tidak menggunakan fasilitas theme atau tema, anda dapat menonaktifkannya.
* Windows Image Acquisition: Jika anda tidak menggunakan scanner atau kamera digital, maka service ini dapat di nonaktifkan.
* Wireless Zero Configuration: Jika anda tidak menggunakan jaringan wireless atau Wireless Networking, maka nonaktifkan service ini.


Untuk membuka menu service : Buka Control Panel -> Administrative Tools -> Services atau bisa juga Pilih Start -> Run -> ketik Srvices.smc

Perhatian : waspadalah ketika melakukan penghentian service-service windows xp. Jika anda tidak tahu atau tidak yakin dalam melakukan penghentian service windows xp yang anda pilih, maka biarkanlah service tersebut tetap jalan. Karena ada beberapa service yang kritis bagi sistem operasi windows xp.

Mungkin anda punya cara lain untuk meningkatkan kecepatan proses kinerja sistem operasi windows xp. anda bisa share disini

.
Share this article :