Mengatasi sinyal TV pada ponsel TV

Home » » Mengatasi sinyal TV pada ponsel TV

Sejak dua tahun terahir ini,kapanpun,dimanapun dalam kondisi apapun ,anda dapat dengan leluasa menikmati layanan televisi melalui ponsel yang memiliki built in TV tuner didalamnya.Ponsel TVsangat beragam dan cukup banyak beredar di pasaran dalam berbagai tipe Brand lokal.Dan tumbuhnya ponsel Brand lokal ini salah satunya juga disebabkan oleh fasilitas ponsel TV sebagai fitur andalan produk mereka. Seperti layaknya sebuah televisi,untuk menikmati siaran TV dengan baik tentu saja ponsel harus mampu menangkap sinyalTV analogini dan menampilkan di layar ponsel.Bagaimana jika ponsel tersebut;Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi ponsel TV yang tidak dapat menyiarkan siaran televisi?Pada edisi kali ini PTSC Phone 3 akan memberikan sedikit pengalaman untuk para pembaca setia phone3 lankah jitu dalam mengatasi masalah sinyal TV pada ponsel TV.
lankah lankahnya sebagai berikut:
  1. lankah awal ,anda harus mengetahui komponen IC dalam ponsel yang bisa menghasilkan signal untuk TV tersebut.Coba perhatikan komponen yang melekat pada papan PCB ponsel,umumnya IC penghasil sinyal TV di tandai dengan tulisan ''UHxx'' di atasnya.Coba di bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih atau thiner,kemudian coba kita keringkan dengan menggunakan blower atau solder uap.
  2. Jika kondisi IC masih baik ,tapi masih belum bisa menangkap siaran TV juga ,langkah selanjutnya anda panaskan komponen filter atau diganti dengan menggunakan IC filter yang baru.
  3. Selanjutnya cek transistor ,apakah terjadi konslet sehingga menghambat arus yang menuju filter dan IC tersebut .
  4. Kemudian cek juga resistor yang berhubungan dengan rangkaian TVnya .
  5. Lalu cek kembali kapasistor mungkin ada kebocoran arus positif baterai.
  6. lankah terahir anda bisa mengganti IC control batrerai yang menghubunkan antara IC TV dan rangkaianya,karena IC ini sangat besar peranya untuk mengalirkan tegangan yang cukup besar guna menghasilkan gambar dan sinyal TV pada ponsel TV .
.
Share this article :